Maxtor (SeagateMaxtor) Traceability

Objective : To Ensure Produced Unit (hard Drive) traceable until part (component) level.

Customer : Maxtor (Seagate Maxtor)

Punya laptop? Netbook? PC? semua Tidak? ?

Hari gini tidak punya? kacian amat nasib lu .. He..he. Baiklah kita tidak sedang membahas itu disini. Kalaupun tidak punya tapi pasti Tau Hardisk kan? Kalo ngga juga kebangetan..

Hard Disk (Hard Drive) adalah  part komputer yang fungsi utamanya adalah sebagai media storage, gampangnya tempat menyimpan data.

Part ini terdiri dari dua bagian utama yaitu mechanical dan board controller. Kebetulan perusahaan tempat saya bekerja pernah mendapat project besar untuk memproduksi board controller untuk merk Maxtor (kemudian diakuisisi oleh seagate (nah.. kalo didalam PC mu ada benda yang tulisannya maxtor atau seagate maxtor itu pasti hardisk.).

Traceability adalah sebuah metode penelusuran sebuah produk untuk memperoleh history pembuatan produk serta sub-sub part atau komponen yang digunakan untuk membentuk produk tersebut. Gunanya adalah untuk melakukan failure analisys. Jadi misalnyaada keluhan dari pelanggan/customer atau end user atas sebuah produk pihak produsen melakukan telusur ulang untuk mencari tahu apa yang terjadi sewaktu pembuatan. Apakah di metode atau di material atau di bagian lain.  Dengan demikian dapat dilakukan tindakan perbaikan dan preventive action.

System yang digunakan harus mampu menyediakan jawaban kebutuhan data yang akurat dan cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan ini saya kemudian mengembangkan sebuah system yang disebut factory information system. System ini akan me-record  semua komponen yang diload ke atas PCB controler berupa part number, vendor, date code dan variable-variable essential lainnya. System ini ini juga mengcek dan merecord apakan semua process dalam pembuatan PCB controller sudah dilakukan atas sebuah unit PCB controller seperti mounting, asembly, testing,inspection dan lain-lain. System juga kan merecord history pergantian part/componen di bagian debug. Selain melakukan fungsi record, system juga berfungsi untuk memastikan hanya component yang tepat diloading/dimounted ke dalam model PCB controller yang tepat.

System ini salah satu project yang complicated dan challenging yang pernah saya kerjakan dan maintenance. Sekaligus yang paling menarik..

Ini salah satu window dari sebuah modulnya : System untuk loading component.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: