Klinik Iman

Agak ragu sebenarnya saya memposting ini, takut kualat he..he. Yang pasti niat saya bukan men-judge mereka2 yang berbuat, agak ngerasa ganjil aja..
Kemarin ketemu iklan yang ga biasa menurut saya di salah satu berita harian Indonesia. Iklan itu bertitle :Klinik Iman”. Intinya, mengenai orang yang membuka praktek pengobatan yang mampu menyembuhkan SEGALA MACAM PENYAKIT, tidak tau akan dimasukkan ke kategori pengobatan apa, yang pasti bukan alternatif dan juga bukan medis.
Ketika saya coba telpon sekedar cari tahu, megurangi rasa penasaran, ternyata metode pengobatannya adalah dengan BERDOA dengan satu syarat si pasien harus sepenuhnya percaya, percaya dalam pengertian yang bagaimana, itu yang kurang jelas. Mereka mengaku bukan paranormal juga bukan tenaga medis, tapi dari cara mereka menerangkan dan dari model iklan jelas terlihat bahwa mereka adalah ‘praktisi-praktisi’ yang punya konfidensi tingkat tinggi dengan keampuhan doa mereka.
Saya bukan orang yang anti komunitas karismatik. Hanya saja merasa prihatin dengan kenyataan bahwa pengajaran atau doktrinasi yang over confident dari orang-orang yang mengandalkan karisma tidak jarang menghasilkan manusia-manusia yang over confident juga, yang sering bertindak di luar akal sehat sehingga seringkali menimbulkan kerugian bagi mereka sendiri dan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka.
Melihat iklan itu, pertanyaan yang sama saat melihat KKR penyembuhan yang nampaknya spektakuler kembali mampir di pikiran saya: Kalau memang bisa, mengapa mereka tidak berkujung ke rumah-rumah sakit saja ? Atau di pinggir-pinggir jalan dimana begitu mudah menemukan orang yang putus asa karena sakit.
Pernahkan pertanyaan yang sama mampir juga di pikiran mereka-mereka?
Kembali kepada iklan tersebut, satu pertanyaan lain berlalu di pikiran saya, kalau sudah begini, apa bedanya dengan klinik-klinik paranormal yang juga ramai dikoran-koran? Mungkinkah motivasi sama tapi dengan cara dan terminologi yang berbeda?
Melihat nama salah satu ‘praktisi’-nya yang provokatif : P’Rasul Paulus’, Jika dibandingkan dengan paranormal yang berbasis ajaran agama dari Arab setingkatlah dengan Kiai H. M. Allahuma Singadimeja kangkung genjer.., dan itu semakin membuat saya ragu akan niat dan motivasi mereka yang sesungguhnya.

Tapi..entahlah, semoga saja saya yang salah.

One Response

  1. SUHARTO ITU ANTEK AMERIKA, PADAHAL SAAT TOMI DI RAWAT DI RSPAD SUHARTO SDH DIBERI TAHU KLU NANTI MALAM ADA PEMBUNUHAN JENDERAL, EEE YG BERITAHU MALAH DI TAHAN, DAN PERTANYAAN SAYA KNP JENDERAL LAINNYA DI BUNUH (1 JENDERAL SAJA YG SELAMAT) TAPI SUHARTO TIDAK JADI TARGET??????? SUHARTO JGN DI JADIKAN PAHLAWAN , MAKAM DITEMPATNYA UNTUK MAKAM UMUM BUKAN MAKAM SUHARTO, INI NEGARA MILIK RAKYAT, KEKAYAAN HRS DI AUDIT OLEH KPK DAN INSTANSI YG TERKAIT, KEMBALIKAN KEKAYAAN UNTUK NEGARA

Leave a Reply

