Parnagetep~Pargetep=Yang Empunya Uang

 tugu3.jpgSaya memutuskan ini menjadi postingan saya yang pertama di blog ini. Seperti yang saya bilang di page Tentang, saya orang yang suka tidak konsisten, sebenarnya dulu saya sudah membuat satu Website khusus tentang topik ini (Parnagetep) tapi tidak sampai selesai karena terbentur masalah pengumpulan data / data collection (sialnya saya (tidak konsisten lagi)  tidak berusaha serius mencari datanya). Sudah..sudah back to postingan..🙂

Dulu saya orang yang suka menyombongkan diri dalam hati dengan berkata oppung (kakek leluhur) saya dulu namanya Parnagetep (bisa juga dilafalkan dengan Par-getep; par=Yang punya, Getep=uang)  yang artinya Yang empunya Duit. Saya begitu membanggakan oppung saya itu sebagai seorang perantau dari tanah Muara (Samosir) ke tanah Habinsaran bisa sukses menjadi orang kaya dan banyak uang. Nah…berangkat dari nama (gelar) besar ini, dengan bahasa yang sedikit kampungan saya suka berkata pada diri sendiri “Oppung-mu saja yang tidak mengenal huruf dan angka begitu bisa jadi orang kaya dan punya duit banyak, Masa kamu ngga bisa ?? kamu juga harus seperti dia, punya banyak duit, kaya, makmur dll”… Bayangan oppung saya dulu kaya raya, dihormati, punya sawah ladang yang luas sering menari-nari dalam bayangan saya apalagi kalau sedang pulang kampung. Pokoknya saya memiliki ambisi untuk mengulang lagi “sejarah” sukses oppung saya itu,

Tapi setahun yang lalu kesombongan dan ambisi itu runtuh…, penyebabnya adalah acara pesta tugu ompu Parnagetep yang diadakan oleh keluarga besar pomparan/keturunan ompu Parnagetep Siregar. Setelah tugu (prasasti) sebagai salah satu wadah/simbol pemersatu bagi keturunan Ompu Parnagetep Siregar selesai dibangun, akan diadakan pesta tugu (semacam pesta peresmian) . Nah.. sebelum acara pesta tugu dilakukan, terlebih dahulu akan diadakan pesta “Pasidung Ari-ari”. Lazimnya pada adat Batak, setiap orang tua yang sudah meninggal harus terlebih dahulu diadakan acara “pemberangkatan” yang disebut pesta “Pasidung Ari-ari”. Bagian inilah yang kemudian membuat saya terhenyak, ketika acara pesta pasidung ari-ari berlangsung bapak saya dengan sedikit linangan air mata membacakan riwayat hidup dan tujuan diadakannya acara / pesta pada hari itu adalah “Pasidung ari-ari ni ompunami/ pesta pemberangkatan leluhur kami) yaitu Ompu Parnagetep Siregar yang karena KEMISKINAN beliau pada masa hidupnya acara/pesta pasidung ari-ari-nya nya tidak dapat dilakukan oleh anak-anaknya. Seketika saya dapat membayangkan betapa miskinnya mereka pada waktu itu sehingga untuk sekedar mengundang tetangga dan membuat acara makan dan pemberangkatan yang sederhana sajapun mereka tidak mampu. Saya menjadi malu…malu pada diri sendiri sekaligus pilu…

parnagetepdekatkecil1.jpgApakah nama “Parnagetep=Yang Empunya Uang” waktu itu semacam harapan yang disandangkan oleh bapaknya kepada ompung kami tersebut? dengan harapan kelak akan jadi yang punya banyak uang? semacam wishes gitu?? saya tidak tau..tapi apapun itu, bagaimanapun maknanya..sama sekali tidak mengurangi kebanggaan saya pada ompung kami tersebut..kebanggaan dan rasa hormat dalam bentuk yang lain yang terlalu luas untuk saya deskripsikan ! 

……Bersambung ke Parnagetep2 

3 Responses

  1. Halo ini candra adekku ??? gak sengaja dpt site mu ini… kakak lg ingin tahu banyak ttg kampung kita.. aku cari di google klik “parsoburan”.. ternyata ada namamu disitu.. tp tertulis nama candra hariara bukan candra hasner (yg kuingat namamu candra hasner)…penasaran kakak cari terus artikel mu yg menunjukkan dirimu adl candra adekkku …baru stelah ku dpt artikel parnagetep ini aku yakin ini adekku si Sincan… salam dr Ben yah dek.. Horas dari kakak -1

    He..he, jadi malu nih. Thanks kakak dah luangkan waktu untuk berkunjung.Sayang belum ada situs yang memuat informasi banyak mengenai kampung kita, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa bangun situsnya.Doain aja Kak..

  2. yah… tolong dibuat dek … bisa menambah wawasan kakak spy tahu lbh banyak ttg kampung kita. waktu pulkam gak sempat lihat hariara yg kamu ceritakan disini….. cuma main ke ladang aja…

  3. HORAS…..
    Kalau benar ini sahabatku “Candra Hasner”
    Kalau benar ini alumni “poltek Telkom USU’98”
    maka,
    TOLONG SEGERA KIRIM “mail”mu kawan
    aku ingin banyak bertukar informasi dengan mu
    oke “pal” aku tunggu
    GBU

    Horas..mejuah-juah Impalllll… !! ha..ha..ha senang sekali bisa jumpa kamu sahabat..!!
    Lama..sungguh lama aku mencarimu..kucari dirimu di sudut2 dunia maya ini tapi tak jumpa.
    Ini berita terbaik di awal tahun buatku.
    Begitu kamu baca pesan ini SMS aku di nomor ini ya : (+60)142742024, aku call balik nanti..
    KUTUNGGU..!!

Leave a Reply

